WHAT'S NEW?
Loading...

Cara Untuk Menangani Touchpad Laptop yang Tidak Bergerak

Gangguan pada Laptop

Cara Untuk Menangani Touchpad Laptop yang Tidak Bergerak


Laptop mempunyai banyak sekali bagian yang memang perlu untuk diperhatikan kondisinya dengan selalu dirawat. Sehingga memang harus diakui bahwa merawat laptop adalah hal yang gampang-gampang susah. Sementara laptop yang merupakan barang elektronik mempunyai resiko terjadinya gangguan, apalagi jika tidak dilakukan perawatan secara berkala maupun pengunaan yang kurang tepat. Nah, sementara gangguan pada laptop pun ada banyak macamnya karena mengingat juga bagian-bagian dari laptop ada banyak pula. Salah satu gangguan yang dapat terjadi pada laptop adalah gangguan di bagian touchpad. Touchpad pada laptop kadang kala tiba-tiba tidak bergerak ataupun berfungsi tidak semestinya seperti pergerakannya yang lambat ataupun terlalu cepat. 

Jika masalah touchpad yang ringan seperti ini, ada beberapa cara mudah yang bisa anda lakukan. Berikut ini antara lainnya :


1. Bersihkan debu, kotoran ataupun minyak yang kemungkinan menempel pada touchpad di laptop anda. Noda yang ada pada touchpad mempengaruhi sensitifitas touchpad sehingga pastikan selalu bahwa touchpad laptop anda bersih mengingat peran touchpad begitu penting untuk mengarahkan kemana komputer anda akan bekerja. Untuk membersihkannya sendiri, anda bisa menggunakan lap lembut yang kering ataupun menggunakan cairan pembersih laptop dan kemudian keringkan menggunakan kain kering. Untuk menghindari touchpad kotor, maka anda perlu untuk membersihkan secara berkala. Hal ini bahkan bukan hanya mencegah touchpad kotor, namun juga mencegah terjadinya berbagai gangguan pada laptop yang dapat disebabkan karena laptop yang banyak noda sehingga merusak komponen laptop.

2. Masuk ke settingan control panel. Untuk tips yang satu ini, anda kiranya memerlukan mouse untuk membantu anda menuju ke control panel karena memang toucpad laptop anda sedang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Langkah untuk menuju ke contol panel, tergantung dari merk maupun jenis laptop. Secara umumnya, anda bisa klik tombol Fn+tombol diantara F1-F10 tergantung dari merk laptop.


3. Scanning dengan antivirus. Virus maupun malware yang menyerang laptop memang dapat menimbulkan berbagai gangguan pada laptop. Virus biasanya membuat kacau program sistem sehingga juga hardware berjalan tidak maksimal. Bahkan juga bisa menjadikan toucpad laptop bergerak kurang sempurna atau bahkan macet. Solusinya adalah miliki antivirus pada laptop anda dan lakukan scanning. Lagi-lagi dalam hal ini anda memang memerlukan mouse untuk menggantikan peran touchpad sedang gangguan.