WHAT'S NEW?
Loading...

Penyebab Laptop yang Sering Macet Ataupun Not Responding

Gangguan pada Laptop

Penyebab Laptop yang Sering Macet Ataupun Not Responding

Laptop yang ketika beroperasi lalu tiba-tiba mengalami kemacetan seperti not responding ini merupakan salah satu gangguan pada laptop yang cukup sering terjadi. Apakah laptop anda juga pernah mengalami gangguan seperti demikian ? Kondisi laptop yang demikian ini pastinya akan sangat mengganggu pekerjaan anda di laptop bukan ? Apalagi jika anda sedang mengerjakan tugas yang harus segera diselesaikan, sementara laptop anda tiba-tiba hang dan not responding. 

Ada banyak faktor yang menyebabkan laptop macet ataupun not responding. Berikut ini beberapa faktor penyebabnya :


1. Virus

Virus yang menyerang laptop ataupun perangkat teknologi lainnya seperti komputer ataupun gadget memang dapat menimbulkan berbagai gangguan. Virus yang menyerang laptop pun salah satu gangguan yang dapat ditimbukan ini adalah laptop mengalami kemacetan ataupun not responding. Maka dari itu memang peran antivirus begitu diperlukan oleh laptop.

2. RAM Penuh

RAM juga bisa menjadi salah satu faktor munculnya gangguan pada laptop berupa kemacetan ini. Memori pada RAM yang kepenuhan membuat laptop juga bekerja tidak maksimal sehingga berujung pada laptop beroperasi lambat dan bahkan sampai hang. Hal ini biasanya dapat terjadi ketika laptop menjalankan program yang cukup berat seperti bermain game maupun membuka software yang terlalu berat sementara spesifikasi dari laptop masih cukup kecil.

3. Driver Tidak Cocok

Berikutnya yang dapat menyebabkan laptop not responding adalah driver yang tidak cocok dengan OS pada laptop maupun tidak cocok dengan hardware yang terpasang. Ini bahkan bukan hanya menyebabkan laptop hang, namun juga bisa menyebabkan laptop blue screen alias layar muncul hanya dengan warna biru saja.

4. Masalah Pada Harddisk

Harddisk yang bermasalah memang dapat menimbulkan berbagai gangguan pada laptop. Salah satunya ya laptop yang tiba-tiba not responding. Kapasitas harddisk yang minim ruang akan tetapi terus dipaksakan untuk menyimpan terlalu banyak file dapat membuat laptop akan macet maupun beroperasi secara lambat. Solusinya mengenai hal ini anda harus lebih rajin untuk membersihkan harddisk dari file sampah. Sehingga juga bukan hanya gangguan berupa laptop yang not responding saja yang dapat terhindarkan, berbagai masalah lainnya pun bisa dihindari.

5. Overheating

Sistem pendingin pada laptop yang mengalami masalah pun dapat menyebabkan laptop hang dan not responding. Maka memang penting untuk menjaga sistem pendingin agar selalu beroperasi secara optimal.